Turun Mesin Setengah Familia – Mbah Surip

January 9, 2013 § 1 Comment

Cuma mau update aja, kemarin Familia udah selesai turun mesin setengah. Dengan bantuan montir panggilan langganan pengemudi mazda (silahkan googling) Mbah Surip. Berikut review-nya:

Biaya:
Beli di toko A: Timing belt (continental)+tensioner 2 biji (koyo/toyo-bukan gmb) 390rb, oring delco ori 35rb, oring injector ori 12,5rb x 4.
Toko B: Seal klep 150rb (noc), seal noken as merek noc @35rb x 2 biji, seal cover head (50rb).
Toko C: seal paking head 150 (agak lupa).
Toko D: Air radiator (60rb), oli shell 15-50 (175rb).
servis tambah areng dinamo stater: 80rb.
Ongkos turun Pak Surip: 1,2jt.
Totalnya: itung ndiri aja om🙂 tambahin kopi+rokok

Review kerja:
Kenek mbah surip, kerjanya agak serabutan dan gak rapih, terkesan buru-buru, beberapa baut/ring hilang, sehingga harus ganti, saya kritik Pak Surip soal kenek ini.

Pak Surip sendiri ada sepanjang kerja, jadi gak pernah ditinggal, tapi ya itu, tetap aja diakuin kenek yang satu ini agak susah dibilangin.

Beli sparepart pun saya bareng beliau (kebetulan rumah deket atrium), sampe pindah beberapa toko untuk cek harga, dan supaya tau karakter si penjual/toko, sekaligus dapet ilmu, contohnya beli seal noken as, ditunjukkin tuh barang sama2 merek NOK, bungkusnya sama persis, cuman beda di nomor seri, tapi yang satu harganya 15rb, yang satu 35rb, bayangin kalo kita maen beli sendiri?? Sama halnya seal klep.

Secara personal Pak Surip baik dan banyak bagi ilmu, tapi secara kerjaan, boleh dibilang saya puas 80% karena faktor kenek tadi. Tapi dengan pengalaman dan bagi ilmu kemarin, rasanya saya patut berterima kasih.

Lama kerja:
Untuk urusan bongkar, cuman sebentar, kira2 2-3 jam, tapi ini bisa jadi awal ilang baut/ring. Setelah itu bagian mesin atas dibawa untuk disekir. Sekir butuh 1-2 hari, karena saya juga gak minta buru2 dan malah asik bisa bersihin sisa part yang ditinggal di rumah🙂

Pemasangan kembali + setel2, butuh 1 hari (kalo kerjanya dari pagi).

Ke depan:
Beliau juga cerita kalo 2013 mulai ngurangin servis dan lebih banyak supply barang, (kemarin dia kirim ke medan dan malang), tapi kalo untuk situasi darurat (mogok) beliau selalu siap bantu, bahkan hanya by phone (katanya).

Intinya, buat yang mau repot dan belajar, ya silahkan aja pake cara mirip gini, tapi kalo mau terima beres, punya uang, ya langsung aja bawa ke bengkel, gak perlu tau sparepart asli atau kw. Konon paket ori 3,5jt di Pak Mahro.

Sementara demikian sharing-nya om, semoga berkenan. Familianya sekarang lagi anteng, liat seminggu ini, semoga gak ada keluhan🙂

Tagged: , ,

§ One Response to Turun Mesin Setengah Familia – Mbah Surip

  • Kiki says:

    Bro mw tanya nomor kontak mbah surip brp ?
    Dulu dya yg settingin astina saya n hasilnya mantap…
    Tp nomornya ilang…
    Bsa mnta tolong fast reapon ya….
    Sms di 081280805789

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Turun Mesin Setengah Familia – Mbah Surip at 1alinea.

meta

%d bloggers like this: