Perpanjang Paspor Sendiri – online (part 2)

May 24, 2012 § Leave a comment

Setelah nomor antrian tiba, sewaktu di loket, ditanya kelengkapan dokumen dan apakah berkas asli dibawa. Ternyata ada satu dokumen yang saya lupa bawa yakni Surat Keterangan Kerja…..!@#@!@#. Alasannya karena saya bekerja maka wajib menyertakan surat tersebut dengan ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi, yang isinya menerangkan bahwa saya bekerja di instansi dan memohon agar yang bersangkutan diberikan Paspor RI, contohnya sih dikasih lihat, akhirnya saya foto. Oleh petugas dibilang bahwa akan ditunggu hari ini juga hingga jam 3 sore, kalo gak hari ini maka dicoba besok, tapi harus antri lagi.

Singkat cerita, saya draft surat keterangan kerja, kirim via email, minta nomor surat, dapat email masuk, cari tukang print, jadi deh! setelah itu langsung lapor ke loket, dan petugasnya bingung “kok cepet banget?” pas di-cek dia tanya “loh ini bukan asli?” saya bilang karena kantor pusat saya di luar Jakarta, makanya saya minta email, kalo gak dikirimnya bisa dua hari baru sampe. Akhirnya petugas masuk ke dalam, dia mau tanya dulu ke atasannya, walhasil, ternyata karena di luar Jakarta, jadinya boleh! yipppiieee…! Setelah itu dapat formulir bukti penyerahan berkas, namun karena hari itu sudah agak siang, dianjurkan balik hari berikutnya.

Di hari berikutnya, saya langsung datang pagi, tapi itu pun udah dapat nomor 50-an😦 sepertinya sampai di tempat jam 08.00 masih kurang cepat. Menunggu giliran untuk difoto dan wawancara. Setelah wawancara (ditanya tanggal lahir, alamat rumah, dan pertanyaan standar lainnya), kemudian difoto -pastikan rambut rapih :)- setelah foto, menerima formulir untuk pengambilan paspor dan pergi ke loket pengambilan paspor. Di sana dijelaskan ngambilnya minggu depan, dikasih cap tanggal kedatangan (minggu depan). Proses hari kedua selesai.

Di hari ketiga, tinggal ambil paspor dan diminta paspor baru difotokopi (fotokopi di koperasi bayar Rp1.000), jadi deh…!!!

Selesai perjuangan ngurus paspor sendiri, walaupun mesti bolak-balik (efektif tiga hari), tapi ikut aturan ternyata asik juga, yang penting kelengkapan semua berkas sudah ada. So, hindari calo sebisa mungkin dan coba hal-hal baru sesuai aturan. Target berikutnya, ngurus SIM sendiri….(konon kabarnya horor)😀

Tagged: ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Perpanjang Paspor Sendiri – online (part 2) at 1alinea.

meta

