Internet Kantor, Internet Aman

January 12, 2012 § Leave a comment

Seringkali kita melakukan jelajah internet di kantor.

Dan seringkali pula ada kekhawatiran mengenai apakah jejak internet yang dilakukan di kantor akan diketahui oleh rekan, atasan atau bawahan. Karena internet sudah menjadi bagian dari kepribadian seseorang, artinya internet dapat menunjukkan hal-hal yang sering diminati seseorang melalui file history, autoform, dsb.  Hal ini tentu dapat mengusik kekhawatiran banyak orang, terutama apabila kita berinternet di kantor. Kita tidak pernah tahu apabila tiba-tiba orang lain meminjam pc/laptop kita, tentunya tidak ingin apabila orang tersebut mengetikkan sesuatu, otomatis memunculkan history atau kata-kata yang pernah kita ketikkan sebelumnya. Saya yakin banyak yang mengalami hal ini, baik saat meminjamkan atau saat meminjam pc/laptop orang lain.

Ada bermacam cara untuk menghilangkan jejak berinternet, misalnya menghapus atau mengatur cookies, history, autoform hingga membabat habis file temporary. Namun saya akan menunjukkan cara sederhana yang dapat dilakukan untuk berinternet sehari-hari. Ketimbang menghapus jejak setiap kali habis berinternet di kantor, lebih baik kita berinternet tanpa jejak (mencegah lebih baik daripada mengobati)😀 Lho bagaimana bisa?.

Jadi begini caranya, umumnya pada browser standar (explorer, firefox, chrome, safari, dsb.) terdapat fitur ‘incognito’ (menggunakan istilah pada chrome), pada browser lain istilahnya mungkin beda, private browsing atau lainnya, tetapi memiliki fungsi yang serupa. Inti dari fitur incognito adalah berinternet tanpa meninggalkan jejak, jadi setiap alamat website yang kita ketik, form yang kita isi, bahkan file yang kita download tidak akan disimpan dan terlihat. Walaupun sebenarnya untuk autoform bisa kita setting dari awal untuk tidak otomatis menyimpan apapun yang kita ketik dalam form.

Strateginya adalah saya selalu membuka dua window setiap kali berinternet di kantor, satu window standar dan satu window incognito. (pada browser chrome, letaknya diujung kanan atas, klik gambar kunci pass, akan terlihat pilihan ‘new incognito window’), untuk browser lain, silahkan dicoba googling: private browsing “nama browser”.

Window standar saya gunakan untuk membuka internet yang terkait dengan kantor, sedangkan window incognito saya buka untuk pribadi. Dan seringkali pada window incognito saya membuka tab yang lebih banyak ketimbang tab pada window standar. Yang saya sukai adalah ketika saya close window, semua tab otomatis hilang (pada beberapa browser, mungkin perlu setting), sehingga ketika saya perlu dengan cepat menutup window incognito, maka yang tersisa adalah window standar, berisi halaman web yang related to office😀

Asiknya lagi, jika setelah kita close incognito window, ada orang yang ingin menggunakan komputer kita dan membuka window standar, kemudian men-download file, dalam daftar file tidak akan ada history download dari versi incognito. Coba bayangkan jika kita sering download file dan menggunakan window standar, maka tentu akan sangat mengganggu bila orang tersebut mengetahui apa saja yang kita download kan?😛

Dan jika ada orang iseng yang tiba-tiba mengecek history browsing, maka mereka hanya akan menemukan pribadi internet yang gak neko-neko…he..he..he..

Tulisan ini bukan untuk mengajari berinternet sebebas-bebasnya di kantor, karena apabila di kantor terdapat divisi IT yang super canggih dan mampu mendeteksi perilaku internet secara canggih, maka tentu saja incognito hanya sebatas menjaga privasi pada saat berinternet, karena bisa saja jejak kita tetap terekam oleh divisi IT. Namun, apabila IT-nya cuma numpang nama, then you’re completely clean.😀

Saya sekedar ingin berbagi cara berinternet dengan rasa aman di kantor maupun di tempat berinternet lainnya. Semoga bermanfaat.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Internet Kantor, Internet Aman at 1alinea.

meta

%d bloggers like this: